Menag Rembang Siap Terjunkan Tim BHR Tentukan 1 Ramadan

foto:istimewa REMBANG - republika-news.com, Kementrian agama Kabupaten Rembang siap terjunkan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) dalam menentukan...

Menag Rembang Siap Terjunkan Tim BHR Tentukan 1 Ramadan
foto:istimewa

REMBANG - republika-news.com, Kementrian agama Kabupaten Rembang siap terjunkan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) dalam menentukan tanggal satu ramadan tahun ini. Menurutnya, tim akan mulai bekerja melakukan pemantauan aktifitas perbintangan, pada tanggal 29 Sya'ban mendatang.

Ketua Tim Badan Hisap Rukyat (BHR) Ali Muhidin menjelaskan, ia akan menggunakan pantai karang jahe Desa Puljul Harjo sebagai tempat untuk melakukan pamantauan hilal. Ia menyebut, sudah beberapa kali melakukan aktifitas serupa pada setiap bulannya.

Dipilihnya lokasi tersbut, dipandang punya banyak fungsi. Diantaranya, selain dalam aktifitas BHR juga dapat digunakan sebagai lokasi wisata.

"Kalau di Karang Jahe kan ada doble fungsi, diantara wisata dan juga untuk kegiatan rukyat" jelas Ali Muhidin yang juga Ketua Lembaga Lajnah Falaqiyah Nahdlatul Ulama (LFNU).

Pada tanggal 29 Sya'ban yang dijadwalkan jatuh pada bulan Mei mendatang, Ali Muhidin berharap, dapat mendongkrak wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang sedang diganrungi, dengan adanya aktifitas rukyat.

Selain itu, warga Rembang dapat melihat secara langsung aktifitas rukyat yang akan dilakukan oleh tim BHR dipantai Karang Jahe. Ia mengakui, sudah melakukan kegiatan rukyat beberapa kali di Desa Punjul Harjo. Tempat yang terbuka, menjadi satu alasan dipilihnya, tempat tersebut untuk memantau hilal.

Saat disinggung mengenai adanya perbedaan antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhamadiyah, ia menjelakan, metode yang digunakan yang memicu munculnya perbedaan setiap menentukan awal ramadan dan hari raya. Ali Muhidin juga memprediksikan, jika tahun ini, perbedaan dalam menentukan satu ramadan akan kembali terjadi antara kedua ormas terbesar itu.

Ia menegaskan, jika pemerintah, akan menyikapi kedua perbedaan tersebut dengan sidang isbad yang akan digelar oleh pemerintah pusat di Jakarta. ( Ai / Sy )

Baca Juga

Wisata 6739800051736729690

Post a Comment

Comments
0 Comments

emo-but-icon

LIVE RADIO CBFM

item