Temuan Koin Kuno Di Rembang Mencapai 15,7 Kg

Penyerahan koin kuno yang dilakukan oleh Kanit Reskrim Polsek Kaliori kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata  KALIORI - republika-news...

Penyerahan koin kuno yang dilakukan oleh Kanit Reskrim Polsek Kaliori kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata 
KALIORI - republika-news.com, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang sudah berhasil mengumpulkan temuan koin kuno di Desa Gowak, Lasem dan Meteseh Kecamatan Kaliori yang jumlahnya mencapai 15,6 Kilogram.

Menurut keterangan Kepala Dinbudpar Rembang Dwi Purwanto menjelaskan, jika seluruh temuan koin kuno akan di simpan di museum Kartini, sambil menunggu penelitian dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah.

"Seluruh koin tersebut kami simpan di museum Kartini Rembang, sambil menunggu penelitian dari Balai Pelstari Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah" jelasnya.

Pada Kamis siang (27/04/2017) pihak polsek Kaliori menyerahkan temuan kepeng kuno yang ditemukan di Desa Meteseh, karena sudah selesai pada proses penyelidikan.

Kepala Unit Riskrim Polsek Kaliori, jika pihaknya berinisiatif memberikan kompensasi kepada Padiman seorang pengrajin bata merah asal Desa Mojorembun yang pertama kali menemukan koin kuno di Desa Meteseh pada 27 Maret lalu.

"Kami dari Pak Kapolsek berinisiatif untuk memberikan kompensasi kepada warga tersebut. Bagaimanapun mereka telah berjasa telah menemukan barang antik. Karena ketidak tauhannya, ia menjual dengan harga kiloan biasa" tegasnya.

Sebelumnya Koin kuno yang diperkirakan peninggalan abad ke-8 hingga ke-11 masehi seberat 15,7 kilogram, yang ditemukan oleh warga di Kecamatan Lasem dan Kaliori. (Ai / Sy)

Baca Juga

Wisata 1508836947631196584

Post a Comment

Comments
0 Comments

emo-but-icon

LIVE RADIO CBFM

item